Langkah langkah Cara Memperbaiki HP Yang Terendam Air

Cara Memperbaiki HP Yang Terendam AirKali ini saya akan membahas Cara Memperbaiki HP Yang Terendam Air, sekarang musim hujan, hati-hati. Banyak yang servis handphone kena air entah kena air hujan, karena kehujanan lupa buru-buru mandi hape terendam bersama celana diember atau kecemplung dibak mandi dapat menyebabkan kerusakan yang berbeda dari ringan hingga parah, bahkan sampai tidak bisa diperbaiki lagi jika handphone android sudah mati total atau matot. Bagaimana Cara Memperbaiki HP Yang Terendam Air?

Basah atau terendam? 
Basah kehujanan? Handphone sekedar basah kena air hujan memiliki resiko kerusakan lebih ringan dibanding yang terendam air. Jika kita kehujanan dan mendapati handphone basah kena air namun tidak parah (gerimis atau masih terlindung tas/saku), meskipun hp masih menyala coba matikan, lepas baterai, keluarkan kartu SIM dan memory micro sd dari ponsel untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau hilangnya data. Buka casing lalu bersihkan air yang mungkin masih ada di casing dan rongga hp lainnya seperti lobang speaker, earphone, buzzer, connector charger dll. Gunakan kain yang bisa menyerap air. Pastikan airnya sudah di lap tuntas dan kering. Jika ada, gunakan pengering rambut agar air disela sela sirkuit menguap. Namun tetap hati-hati, jika terlalu lama udara panas dari pengering rambut justru mengakibatkan handphone bisa rusak/ mati. Setelah yakin bersih barulah battery dipasangkan kembali dan coba di ‘on’ kan hape nya.

Ingat tidak terlihat bukan berarti tidak ada air. 
Cara pengeringan ini biasanya cukup untuk menyelesaikan masalah agar tidak terjadi kerusakan parah daripada dibiarkan saja. Pada ponsel yang hanya terkena air biasanya jika terjadi kerusakan tergolong ringan pada aksesoris ponselnya seperti audio speaker mati atau tidak bisa dicas.Jika seluruh langkah tersebut telah dilakukan namun ponsel tetap mengalami kerusakan, lakukan langkah selanjutnya yaitu membawanya ke jasa servis handphone. Pastikan memilih tempat servis yang memang terpercaya atau kalau perlu ke tempat servis center resmi sesuai merk yang bersangkutan.
Air = Handphone Korslet.
Untuk kasus terendam air, prosesnya jauh lebih panjang dan rumit, karena biasanya Handphone korslet dan restart atau sudah mati. Perhatikan Prinsipnya bahwa semua perangkat elektronika memiliki proteksi sirkuit, jika terjadi arus yang tidak wajar (korslet), handphone akan mematikan dirinya sendiri agar diperbaiki dahulu penyebabnya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Jadi lepas baterainya!!! Jangan dicas dan Jangan malah coba menyalakan meskipun menurut kita ‘hanya sebentar’ terendam. Memutus aliran sumber daya merupakan langkah penting untuk mencegah kemungkinan kerusakan ponsel. Beberapa jenis sirkuit elektronik mampu tetap bertahan dalam keadaan basah asalkan tidak terhubung dengan sumber daya. Reaksi pertama kebanyakan pengguna akan mencoba menyalakan hape tersebut atau malah di charge, inilah yang menyebabkan handphone semakin parah. Casing handphone memang cukup rapat untuk mencegah rembesan air,namun kondisi ini hanya bisa bertahan dalam waktu beberapa detik saja. Bersabarlah, kecuali jika hp kita memenuhi sertifikasi anti air.
Bahkan jika handphone terendam air kemudian dicoba masih bisa menyala, biasanya hanya tinggal menunggu waktu (bisa beberapa hari/minggu) sampai akhirnya terjadi korslet yang menyebabkan hp mati total karena masih ada sisa air didalamnya. Kami ingatkan sekali lagi, lepas baterai, jangan dicas, stop  jangan terus mencoba untuk menyalakan kembali.
Kerusakan akibat kena air ada di bagian hardware, tentu yang kita periksa adalah rangkaian HP nya, cara memperbaikinya tentu harus dibongkar dulu casingnya dan diperiksa apakah masih ada yang tersisia atau sudah konslet. Berikut beberapa tutorial mengenai kerusakan di mesin HP, jika anda tidak yakin sebaiknya dibawa ketukang service saja, mengingat resiko bisa bertambah parah bisa terjadi.
Air yang masuk ke dalam komponen tersebut akan membuat sistem rangkaian rusak karena terjadi hubungan singkat (short) korslet.

Cara perbaikan yang biasa kami lakukan tahapannya sbb:
Kita tidak boleh langsung menggunakan power supply dalam memeriksa dan menguji ponsel. Sebab air yang masih ada dapat menyebabkan hubungan pendek antar komponen ic atau sirkuit didalam ponsel. Jika yang kena air korslet cuma speaker mati sih enak dan murah biaya servisnya. Tapi jika posisi air ada di bagian ic cpu? Ya jadi handphone rusak mati total.
Bersihkan Air
Karena kita tidak tahu sisa air ada dimana, maka caranya ponsel dibongkar terlebih dahulu dan harus dibersihkan seluruh bagian dari air yang masuk ke dalam ponsel.Jika perlu dicuci dengan diberi cairan pembersih IPA lebih dulu. Pengguna harus paham cara membongkar handphone, jangan sampai handphonenya nanti menyala namun kabel flexible lcd nya putus karena tidak tahu cara buka hape. Harus ganti lcd juga dah.
Keringkan
Meskipun bisa dijemur atau ponsel diblower, namun idealnya menggunakan alat vakum khusus untuk handphone dan bisa juga menambahkan butiran silika untuk menyerap air yang ada pada ponsel. Keringkan setidaknya 24 jam, makin lama makin baik.
Pernah baca tips atasi masalah handphone kena air dengan cara memasukkan kedalam beras? Silahkan jika mau coba. Apakah berasnya bisa bilang “Airnya sudah kering” he he… japi menurut kami mengandalkan cara mengeringkan dengan beras sangat bersiko karena sifatnya untung-untungan saja, handphone rusak kena air harus dibuka casingnya. Bukan hanya untuk dikeringkan tapi masih ada langkah selanjutnya yaitu…
Cek Rangkaian
Setelah ponsel dipastikan telah kering sungguh dari segala cairan, berikutnya kita boleh menggunakan power supply untuk mengetahui jenis kerusakan pada ponsel kita.
Gunakan Multitester/AVO Meter. Pertama cek di bagian conector baterai untuk mengetahui keadaan Handphone tersebut konslet atau tidak, atur Avo Meter di posisi 1x Ohm, lalu hubungkan probe dari multitester ke pin Battery Connector (kutub positif & negatif). Coba dibolak-balik antara kabel hitam dan merah di pin Battery Connector. Jika Avo Meter tidak bergerak maka handphone aman tidak ada korslet, kita bisa pasang kembali baterai hp dan coba di charging, lihat ada respon atau tidak. Jika tidak ada respon coba cek jalur bagian switch on/off. Perbaiki/jumper jika ada kerusakan dibagian ini.
Namun jika Handphone tersebut kita cek dan hasilnya korslet (Penunjuk Avo bergerak) maka 100% ada kerusakan hardware, cari dengan teliti penyebab korslet. Bisa terjadi pada kapasitor  atau Ic. Ic ini dapat merujuk pada ic charge, ic power, PA, CPU, ic flash/emmc dll. Dalam kondisi ini, jika memiliki skema rangkaian handphone sangat membantu. Namun proses selanjutanya sifatnya untung-untungan. Jika ketemu penyebabnya, masalah selanjutnya yang muncul adakah yang jual sparepartnya?
Terakhir Air laut atau air tawar?
Walaupun masih menyala jika handphone kena air laut, segera bawa ke tempat service. Air laut pasti akan menyebabkan karat yang akan membuat komponen handphone rusak. Dikeringkan pakai beras tidak akan membuang garam/elektrolit penyebab mesin konslet dan keropos. Demikian halnya jika terendam air tawar lebih dari seminggu baru dibawa ke tempat servis, berdoa saja semoga masih bisa diperbaiki. Sudah mati kena air lebih dari sebulan ??? Diservis + berdoa juga susah tuh. Jika sudah terlalu lama karena sudah berkarat, waktu dicuci sparepart malah pada lepas. Jika handphon kena air manis /mengandung gula seperti teh/jus juga sulit dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5B3EE8CA50191