iPhone X Lebih Ringkih Dari Galaxy S8 +

iPhone XIPhone X menjadi smartphone andalan Apple saat ini. Dengan serangkaian teknologinya yang canggih, Apple juga sesumbar bahwa iPhone X memiliki cangkang kaca yang paling tangguh yang pernah terpasang pada sebuah smartphone.

Sayangnya berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh SquareTrade – perusahaan garansi untuk perangkat elektronik, iPhone X malah dinilai sebagai smartphone yang ringkih. Tak hanya itu, biaya untuk melakukan reparasi pun terbilang mahal.

SquareTrade melakukan pengujian dengan menjatuhkan iPhone X dari ketinggian enam kaki atau sekira 1,8 meter ke beton. iPhone bahkan dijatuhkan dari berbagai sisi mulai dari bagian depan, belakang samping, dan digulingkan selama sekira 60 detik.

Hasilnya iPhone X retak dari berbagai sisi terkecuali saat dijatuhkan dari bagian samping yang mengakibatkan layar OLED tak berfungsi dengan baik.

Uji ketahanan juga dilakukan oleh situs teknologi CNet. iPhone dijatuhkan dari ketinggian tiga kaki atau sekira satu meter, dan menghasilkan dampak serupa dimana kaca iPhone X retak hanya dalam pengujian pertama.

Pilihan case kaca di bagian belakang iPhone X sendiri memang dirancang demi mendukung fitur pengisian baterai nirkabel, sehingga langkah yang dilakukan Apple ini memang sudahlah tepat. Namun bahan tersebut juga pada akhirnya pecah meski Apple melakukan upaya terbaik seperti penggunaan Corning atau Asahi Glass untuk memperkuatnya.

Alih-alih memperbaiki kaca belakang, pengguna malah harus menggelontorkan dana yang tak sedikit karena komponen perangkat terkait turut diganti. Mengganti kaca belakang iPhone X, menurut situs servis perangkat elektronik di Cupertino – Calif mencapai USD549 atau lebih mahal ketimbang perbaikan kaca belakang iPhone 8 Plus.

iPhone 4 dan Samsung Galaxy S8 juga memiliki kaca belakang pada perangkatnya. Meski begitu, perbaikan untuk perangkat tersebut tak mengharuskan mengganti keseluruhan komponen jika kaca belakangnya pecah. Demikian seperti dilansir Forbes, Jumat (10/11/2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *